100 Getaways de todo el mundo (Italian, Portuguese and Spanish Edition)

100 Getaways de todo el mundo (Italian, Portuguese and Spanish Edition)

Fisika Cermatilah gambar bejana berisi air di samping. Prediksi massa jenis benda A, B, dan C berikut yang benar adalah ....

Cermatilah gambar bejana berisi air di samping. Prediksi massa jenis benda A, B, dan C berikut yang benar adalah ....

Prediksi massa jenis yang benar berdasarkan gambar tersebut adalah d. massa jenis zat cair adalah 600, maka massa jenis benda A adalah 300, massa jenis benda B adaah 600, dan massa jenis benda C adalah 700. Massa jenis suatu benda dapat mempengaruhi keadaan benda tersebut dalam zat cair atau fluida.

Penjelasan:

Hukum Archimedes adalah hukum yang menjelaskan tentang hubungan antara gaya ke atas atau gaya apung dengan gaya berat suatu benda dalam zat cair atau fluida. Jika suatu benda yang memiliki gaya berat tertentu dimasukkan ke dalam zat cair atau fluida seperti air, maka benda tersbeut akan mendapatkan gaya angkat ke atas. Sehingga benda yang ada di dalam zat cair akan terasa lebih ringan. Gaya angkat ke atas atau gaya apung suatu benda dipengaruhi oleh massa jenis zat cair dan massa jenis benda tersebut.

Jika sutau benda dimasukkan ke dalam zat cari, maka ada tiga kemungkinan yang akan terjadi, yaitu:

  1. Benda terapung (A), yaitu jika massa jenis zat cair lebih besar daripada massa jenis benda, contohnya plastik akan terapung jika dimasukkan ke dalam air.
  2. Benda melayang (B), yaitu jika massa jenis zat cair sama dengan massa jenis benda, contohnya telur ayam yang dimasukkan ke dalam air yang telah diberi garam akan melayang.
  3. Benda tenggelam (C), yaitu jika massa jenis zat cair lebih kecil dari massa jenis benda, contohnya matu yang dimasukkan ke dalam air akan tenggelam.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang hukum Archimedes pada: https://brainly.co.id/tugas/18847854

#BelajarBersamaBrainly

[answer.2.content]